DIUTUS SEPERTI DOMBA KE TENGAH-TENGAH SERIGALA

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan Biasa XIV – Jumat, 8 Juli 2016)

Keluarga Besar Fransiskan: Peringatan S. Gregorius Grassie, Marie dkk – Martir 

Stained Glass Depicting Jesus Christ March 4, 2004

Stained Glass Depicting Jesus Christ March 4, 2004

“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan mencambuk kamu di rumah ibadatnya. Karena Aku, kamu akan digiring ke hadapan penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu khawatir tentang bagaimana dan apa yang kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Seorang saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah terhadap orangtuanya dan akan membunuh mereka. Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya mereka kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang. (Mat 10:16-23) 

Bacaan Pertama: Hos 14:2-10; Mazmur Tanggapan: Mzm 51:3-4,8-9,12-14,17 

“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati” (Mat 10:16).

Mengikut Yesus banyak memakan “biaya”, mengikut Yesus bukanlah seperti orang berlenggang kangkung. Pesan kepada para murid yang diutus ini adalah pesan kepada Gereja sepanjang masa juga. Menjalani hidup Injili merupakan tantangan langsung bagi kekuatan-kekuatan maut. Oleh karena itu para murid diingatkan untuk membuka mata mereka lebar-lebar dan bersikap serta bertindak bijak.

Sebagian besar bacaan Injil hari ini diambil dari “Khotbah tentang Akhir Zaman” yang diambil dari Injil Markus (lihat Mrk 13:9-13), di mana kata-kata profetis dari Yesus mengingatkan komunitas Kristiani akan segala kerusuhan yang harus mereka ekspektasikan pada hari-hari terakhir dunia ini. Dalam Injil Matius kata-kata Yesus yang sama digunakan dalam pengajaran berkaitan dengan perutusan para rasul guna membantu mengungkapkan berbagai pengalaman negatif yang telah dialami oleh Gereja Perdana, dan dapat diekspektasikan akan terus terjadi selagi Gereja melaksanakan misinya. Penganiayaan, penolakan, perpecahan dalam keluarga: ini kadang-kadang merupakan “biaya”-nya jika kita mau melakukan pewartaan dengan penuh integritas.

Memang untuk menjalani suatu hidup Kristiani yang sejati seringkali berarti menantang dunia dan nilai-nilainya, dengan demikian mengundang cemooh, olok-olok, bahkan pengejaran dan penganiayaan. Seandainya Kekristenan kita kelihatannya atau terasa terlalu nyaman, maka sangat baiklah bagi kita bertanya kepada diri kita sendiri apa yang terjadi selama ini? Bagaimana caranya kita telah berhasil menghindar dari dampak kata-kata Yesus dalam bacaan Injil hari ini?

Bacaan Injil hari tidak hanya berbicara tentang penderitaan, penganiayaan dan hal-hal yang buruk saja. Mewartakan Injil pada akhirnya juga ikut menikmati sukacita dan keyakinan seperti yang dialami Yesus sendiri. Roh Bapa akan berkata-kata di dalam diri kita sehingga fasih berbicara (Mat 10:20), dan tugas para murid akan berakhir dengan kedatangan kembali “Anak Manusia” ke dunia (Mat 10:23).

DOA: Tuhan Yesus, tolonglah diriku agar mau dan mampu mewartakan Injil-Mu dengan berani, sebagai garam bumi dan terang dunia bagi orang-orang yang kujumpai. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Mat 10:16-23), bacalah tulisan yang berjudul “KITA PERLU MENYEDIAKAN WAKTU UNTUK PENUH PERHATIAN MENDENGARKAN SUARA ROH KUDUS” (bacaan tanggal 8-7-16) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 16-07 BACAAN HARIAN JULI 2016. 

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 10-7-15 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 6 Juli 2016 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS