SANTO FILIPUS DAN YAKOBUS, RASUL [5]

(Bacaan  Injil Misa Kudus, Pesta S. Filipus dan Yakobus – Sabtu, 3 Mei 2016)

 ST. PHILIP AND JAMES - APOSTLES

Kata Yesus kepadanya, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

Kata Filipus kepada-Nya, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Siapa saja yang telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau bahwa aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang tinggal di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, aku akan melakukannya, supaya Bapa dimuliakan di dalam anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.” (Yoh 14:6-14) 

Bacaan Pertama: 1Kor 15:1-8; Mazmur Tanggapan: Mzm 19:2-5 

“Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu” (Yoh 14:12).

Pada hari ini kita merayakan pesta dua orang dari para rasul Yesus yang pertama: Filipus and Yakobus.  Sejarah tidak meninggalkan terlalu banyak cerita terinci tentang apa saja yang terjadi dengan kedua orang rasul ini setelah hari Pentakosta Kristiani yang pertama. Kita bahkan tidak tahu apakah Yakobus ini (juga dikenal sebagai Yakobus kecil) juga sama dengan Yakobus yang memimpin gereja di Yerusalem, orang yang menulis surat Yakobus, atau malah Yakobus yang lain sama sekali.

Akan tetapi, kita mengetahui bahwa baik Filipus maupun Yakobus selalu ada bersama-sama dengan Yesus dalam karya pelayanan-Nya, dan mereka ada dalam ruangan atas pada hari Pentakosta Kristiani yang pertama ketika Roh Kudus turun atas para rasul. Kita juga percaya bahwa Filipus and Yakobus wafat sebagai martir Kristus, karena kegiatan pewartaan Injil Yesus Kristus dan kesaksian hidup mereka. Kita memang tidak tahu secara terinci, namun kita dapat menaruh kepercayaan bahwa – seturut janji Yesus – pada akhir hayat mereka, dua orang rasul ini pun telah melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar  daripada pekerjaan-pekerjaan Yesus sekali mereka pergi ke tengah dunia dengan pesan Injil.

Kita juga telah menerima Roh Kudus dan telah dipanggil guna mewartakan Injil. Kita semua tahu bahwa kita harus bekerja dan berpikir keras serta cerdas untuk kegiatan evangelisasi dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekeliling kita. Kita sebagai umat Kristiani yang Katolik cenderung sangat baik dalam pengetahuan tentang apa saja yang diharapkan dari kita – walaupun kita tidak selalu melakukannya. Namun pada hari ini, mungkin harus “berani untuk bermimpi”, bukannya berpikir terus tentang kekurangan-kekurangan kita, di area-area mana saja kita dapat gagal dlsb.

Kita percaya bahwa Yesus menjanjikan kepada kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan-Nya. Sebagai orang-orang yang percaya, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kelihatannya pekerjaan-pekerjaan itu? Tanda heran apa yang kiranya Yesus siapkan untuk bekerja melalui diri kita jika kita mengambil langkah iman dan rasa percaya? Para kudus di masa lampau telah melakukan hal-hal yang menakjubkan dalam nama Yesus karena iman mereka. Dapatkah kita mengharapkan hal yang sama terjadi juga dengan kita? Tentu saja kita dapat! Tidak ada di mana pun dalam Kitab Suci yang mengatakan bahwa penyembuhan-penyembuhan tidak dimungkinkan lagi dalam zaman ini, atau makanan di dalam dapur umum tidak dapat dilipat-gandakan secara ajaib, atau seorang sahabat yang tidak percaya tidak dapat memperoleh pengalaman luarbiasa sehubungan dengan kasih Allah. Marilah kita mencoba untuk percaya sepenuhnya akan sabda Yesus dan lihatlah apa yang akan terjadi.

DOA: Tuhan Yesus, aku menaruh kepercayaanku pada janji-janji-Mu, bahkan janji-janji yang terdengar tak masuk akal manusia. Tolonglah aku yang tidak percaya, ya Yesus! Oleh kuat-kuasa Roh Kudus-Mu, buatlah diriku seperti rasul-rasul-Mu terkasih, Filipus dan Yakobus. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Pertama hari ini (1 Kor 15:1-8), bacalah tulisan yang berjudul “RASUL FILIPUS DAN RASUL YAKOBUS” (bacaan tanggal 3-5-16) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 16-05 BACAAN HARIAN MEI 2016. 

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 3-5-14 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 2 Mei 2016 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Advertisements