YESUS INGIN MEMBANGUN RUMAH DALAM DIRI KITA

(Bacaan Injil Misa Kudus, HARI MINGGU PASKAH VI [TAHUN C] –1 Mei 2016 

jesus christ super starJawab Yesus “Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan tinggal bersama-sama dengan dia. Siapa saja yang tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari Aku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Kamu telah mendengar bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar daripada Aku. Sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi. (Yoh 14:23-29)

Bacaan Pertama: Kis 15:1-2,22-29; Mazmur Tanggapan: Mzm 67:2-3,5-6,8; Bacaan Kedua: Why 21:10-14,22-23 

Yesus mencoba menghibur para murid-Nya selagi Dia menyiapkan mereka menghadapi kenyataan betapa pedih dan sakitnya hari Jumat penuh kegelapan yang kemudian kita namakan Jumat Agung itu. Ya, Yesus akan meninggalkan mereka; tetapi mereka tidak akan ditinggal sendirian. Mereka yang mengasihi-Nya dapat mengharapkan, baik Dia maupun Bapa-Nya untuk berdiam dalam diri mereka. Roh Kudus akan menolong mereka untuk mengingat setiap hal yang diajarkan Yesus. Yesus berjanji untuk meninggalkan bagi mereka damai sejahtera-Nya, yang kemudian digambarkan oleh Santo Paulus sebagai “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal” (Flp 4:7).

Yesus ingin agar para pengikut-Nya percaya pada janji-janji ini: “Sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi”  (Yoh 14:29). Sebagaimana biasanya dan selalu, Yesus menekankan perlunya iman. Sekali para murid percaya akan sabda-sabda Yesus, mereka dapat mengharapkan bahwa janji-janji-Nya itu dipenuhi. Janji akan berdiam-Nya Tritunggal Mahakudus terletak di pusat kehidupan Kristiani. Itu adalah buah dari penyaliban, alasan dasar mengapa Yesus menderita dan wafat di kayu salib.

ROH KUDUS MELAYANG-LAYANG - 2Bagaimana kita membangun iman kita, sehingga kita dapat mengklaim hadiah ini? Yesus minta agar kita mengasihi-Nya (Yoh 14:23). Cintakasih bersemi ketika kita semakin mengenal seseorang secara intim. Cintakasih mengikuti pengenalan, dan pengenalan kita akan Yesus berbanding secara langsung dan proporsional dengan waktu yang kita sediakan untuk-Nya, Kita akan lebih lagi jatuh cinta pada Yesus selagi kita berjumpa dengan-Nya dalam Injil, selagi kita menyembah Dia dalam Ekaristi, dan selagi kita mendengar Dia berbicara kepada kita dalam doa.

Bagaimana kita tahu bahwa Dia berdiam dalam diri kita? Kita akan mengalami damai sejahtera, bahkan dalam pencobaan-pencobaan yang sulit sekali pun. Seperti juga orang Samaria yang bermurah-hati, kita akan mengasihi dan memperhatikan sesama kita, karena mereka adalah saudara dan saudari kita dalam Yesus. Selagi kita menjalani hari-hari kita, kita akan mendengar suara batin dari Roh yang lembut, yang mendorong kita untuk melakukan apa yang dikehendaki Tuhan dalam setiap situasi yang kita hadapi. Yesus tidak meninggalkan kita. Ia telah bangkit dan hidup di antara kita, dan Ia ingin membangun rumah dalam diri kita.

DOA: Bapa surgawi, terima kasih untuk hidup yang Dikau berikan kepada kami melalui Putera-Mu dan melalui Roh Kudus. Semoga kobaran kasih-Mu menghangatkan kami selagi Dikau berdiam dalam diri kami. Amin. 

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 14:23-29), bacalah tulisan yang berjudul “JANGANLAH GELISAH DAN GENTAR HATIMU” (bacaan tanggal 1-5-16) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 16-05 BACAAN HARIAN MEI 2016. 

Cilandak, 29 April 2016 [Peringatan S. Katarina dr Siena]  

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS 

Advertisements