BERLARI-LARI KEPADA YESUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan Biasa V – Senin, 8 Februari 2016) 

YESUS MENYEMBUHKAN - ORANG KUSTA - 2Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Lalu berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tikarnya kemana saja mereka dengar Yesus berada. Kemana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan menyentuh walaupun jumbai jubah-Nya saja. Semua orang yang menyentuh-Nya menjadi sembuh. (Mrk 6:53-56) 

Bacaan Pertama: 1 Raj 8:1-7,9-13; Mazmur Tanggapan: Mzm 132:6-10 

Kita lihat bagaimana dalam Injil Markus, ketika orang-orang mendengar bahwa Yesus telah tiba di tempat tertentu, maka mereka “berlari-lari” kepada-Nya. Mereka tidak berjalan untuk melihat Yesus, tetapi “berlari-lari” untuk dapat melihat-Nya. Mereka “bergegas-gegas” untuk mendengarkan Dia (lihat Mrk 6:33), …… “berlari-larilah” mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tikarnya kemana saja mereka dengar Yesus berada (Mrk 6:55). Ketika Yesus dan tiga orang rasul-Nya turun dari gunung di mana Dia mengalami transfigurasi, tercenganglah orang banyak dan “bergegas” menyambut Dia (Mrk 9:15). Kemudian, seorang kaya “berlari-lari” mendapatkan Dia (Mrk 10:17).

Orang-orang berlari-lari untuk bertemu dengan Yesus karena mereka ditarik oleh suatu daya tarik yang teramat kuat dari diri-Nya. Mereka melihat bahwa Yesus mampu untuk menyembuhkan dan mengajar mereka, dan hal-hal tersebut menarik perhatian atau memikat mereka. Orang-orang itu sungguh merindukan hal-hal yang ditawarkan-Nya: sabda pengharapan dan penghiburan, pernyataan tentang kasih Bapa sugawi, dan kuat-kuasa dari suatu hidup yang penuh kerendahan hati dan penyerahan diri. Mereka berlari-lari untuk melihat Dia menyembuhkan orang-orang sakit. Jadi, ada urgency di sini: Kita harus berlari-lari kepada Yesus sekarang juga!

Yesus tidak pernah membuang siapa pun; Dia selalu terbuka bagi kebutuhan-kebutuhan orang-orang. Begitu sederhananya! Yesus senang sekali bertemu dengan orang-orang dan Ia pasti memperhatikan mereka yang ditemui-Nya. Orang-orang berlari-lari kepada Kristus agar berbagai kebutuhan mereka dipenuhi oleh-Nya!

Ketika Markus menulis bahwa orang-orang yang  menyentuh jumbai jubah-Nya saja menjadi sembuh, dia menggunakan kata Yunani sozo yang juga berarti dibebaskan, atau diselamatkan. Orang-orang yang secara fisik sakit dan disentuh oleh Yesus (seperti orang lumpuh yang diturunkan dari atap rumah; Mrk 2:1-12) menyadari bahwa kesembuhan mereka tidak hanya bersifat fisik melainkan juga bersifat spiritual; bahwa dosa-dosa mereka diampuni; hati mereka disentuh dan ditransformasikan oleh kasih Bapa surgawi (lihat Mrk 2:5). Demikian pula, mereka yang berlari-lari kepada Yesus ditarik bukan hanya oleh laporan-laporan tentang penyembuhan/kesembuhan fisik, melainkan juga oleh cerita-cerita tentang “penyembuhan/kesembuhan batin” (Inggris: inner healings), orang-orang “diselamatkan” dari dosa mereka dan penyakit spiritual mereka. Setiap orang, termasuk yang sehat secara fisik, mempunyai alasan untuk berlari-lari kepada Yesus untuk memperoleh kesembuhan spiritual dari Dia.

Saudari-Saudara terkasih, marilah kita tanpa rasa ragu sedikit pun berlari-lari kepada Yesus untuk memperoleh kuat-kuasa penyembuhan-Nya. Dengan demikian kita pun dapat berfungsi dengan efektif sebagai pewarta Injil-Nya yang harus kita lakukan, baik dengan kata-kata maupun dengan tindakan-tindakan.

DOA: Tuhan Yesus, Engkau adalah Tabib yang penuh kuasa. Hati-Mu dipenuhi dengan bela rasa terhadap orang-orang kecil dan menderita. Engkau memanggil kami agar datang kepada-Mu dalam iman, sehingga dengan demikian kami dapat disembuhkan dan diselamatkan. Yesus, kami datang kepada-Mu dengan penuh gairah. Tuhan, selamatkanlah kami. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Mrk 6:53-56), bacalah tulisan yang berjudul “SEMUA ORANG YANG MENYENTUH-NYA MENJADI SEMBUH” (bacaan tanggal 8-2-16) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 16-02 BACAAN HARIAN FEBRUARI 2016. 

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 9-2-15 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 5 Februari 2016 [Peringatan S. Agata, Perawan-Martir] 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS