PEMBERITAAN TENTANG KERAJAAN SURGA OLEH YESUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa sesudah Penampakan Tuhan – Senin, 4 Januari 2016)

Keluarga Fransiskan: Peringatan S. Angela dr Foligno, Fransiskan Sekular 

ONPAGE-2

Tetapi waktu Yesus mendengar bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya digenapi firman yang disampaikan oleh Nabi Yesaya, “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.” [1]  Sejak itu Yesus mulai memberitakan, “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!” [2]

Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Surga serta menyembuhkan orang-orang di antara bangsa itu dari segala penyakit dan kelemahan mereka. Lalu tersebarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita berbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan setan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Orang banyak pun berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan. (Mat 4:12-17,23-25) 

Bacaan Pertama: 1Yoh 3:22-4:6; Mazmur Tanggapan: Mzm 2:7-8,10-11

Catatan: [1] Yes 8:23-9:1; [2] Lihat Mat 3:2 

Pada hari ini, satu hari setelah Penampakan Tuhan, terang Kristus terus bersinar. Sepanjang satu pekan penuh, Gereja akan menyajikan kepada kita berbagai gambaran tentang Yesus, seperti faset-faset sebutir berlian, guna menarik kita kepada-Nya agar kita dapat mengenal sentuhan-Nya dalam hidup kita. Pada hari ini,  misalnya, kita melihat Yesus memulai pelayanan-Nya di Galilea.

Yesus membawa konsolasi/penghiburan, kesembuhan, dan pengharapan kepada orang-orang  Galilea selagi Dia mewartakan Injil dan membuat mukjizat-mukjizat di tengah-tengah mereka. Dan selagi orang-orang mendengar Dia berbicara mengenai Kerajaan Allah, maka mereka menjadi semakin excited. Yesus mampu membangunkan mereka dari pandangan terbatas/sempit mereka berkaitan dengan hidup dan menghasilkan suatu rasa lapar dalam diri mereka untuk mengalami lebih banyak dan lebih mendalam lagi Kerajaan Surga. Dengan cepat, kelompok-kelompok besar orang banyak berkumpul di sekeliling diri-Nya, tidak hanya dari Galilea, melainkan juga dari Yerusalem, Yudea, Dekapolis, and wilayah-wilayah di luar Yordan (lihat Mat 4:25). Kelihatannya tidak ada yang dapat membendung arus manusia yang datang kepada Yesus! 

Terang yang terbit di Galilea sekarang masih bersinar selagi Yesus terus menawarkan pengharapan, kesembuhan, dan pengampunan kepada orang-orang. Kita dapat menerima sedikit “icip-icip” Kerajaan ini sekarang, bahkan selagi kita menantikannya sampai didirikan secara penuh pada saat kedatangan Yesus untuk kedua kalinya. Yesus berada di tengah-tengah kita sekarang, dan oleh kuasa Roh Kudus kita dapat mengenal dan mengalami sentuhan-Nya.

Kerajaan Allah telah berjalan maju dari awal waktu. Kerajaan ini akan terus maju sampai dipenuhi secara sempurna pada saat Yesus datang pada akhir zaman. Melalui kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga, Roh Kudus dicurahkan. Oleh Roh Kudus ini – yang hidup dan aktif dalam Gereja – Yesus ingin melayani kita masing-masing secara intim seperti yang dilakukan-Nya kepada para murid-Nya yang pertama. Yesus ingin menyembuhkan kita secara fisik dan secara emosional, untuk memperbaiki relasi yang sudah rusak, dan menghentikan segala kebencian dan perpecahan. Allah ingin membuat kita semua menjadi para pewaris Kerajaan-Nya, oleh karena itu baiklah kita mengharapkan Dia bekerja dalam diri kita dan para anggota keluarga kita pada hari ini.

DOA: Yesus, Engkau adalah Terang dunia. Aku ingin mencicipi Kerajaan-Mu seperti yang telah dialami oleh orang banyak di Galilea. Datanglah, ya Tuhan, dan nyatakanlah diri-Mu kepadaku. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacan Injil hari ini (Mat 4:12-17,23-25), bacalah tulisan yang berjudul “BERTOBATLAH, SEBAB KERAJAAN SURGA SUDAH DEKAT” (bacaan tanggal 4-1-16) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 16-01  BACAAN HARIAN JANUARI 2016. 

Cilandak, 31 Desember 2015

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS