St.-Anthony-Of-Padua-Preaching-To-The-Fish

Santo Antonius dari Padua [1195-1231] yang pestanya kita rayakan pada hari ini adalah seorang imam Fransiskan, Pujangga Gereja, pembuat mukjizat dan pengkhotbah ulung pada zamannya. Banyak lagi gelar yang diberikan kepada orang kudus ini. Santo Antonius adalah salah satu orang kudus yang paling populer di Gereja Katolik. Khotbah-khotbahnya masih cukup banyak tersimpan sampai saat ini. Santo Antonius mengasihi musuh-musuhnya, sesuai dengan apa yang diajarkan Yesus Kristus.

Pada suatu hari, ketika khotbahnya tidak sudi didengar oleh para anggota bid’ah di kota Rimini, Pater Antonius (nama aslinya adalah Fernando, putera Portugal) kesal namun tidak marah-marah. Dengan tenang dia pergi ke  pinggiran sungai di kota itu (ada yang mengatakan di pantai laut), lalu berkhotbah kepada ikan-ikan yang justru mendengarkan khotbahnya dengan asyik.

Ketika orang-orang kota Rimini menyaksikan keajaiban tersebut – begitu banyak ikan bermunculan di permukaan air sungai, maka mereka memutuskan lebih baik mendengarkan khotbah sang imam. Seperti bapak rohaninya, Santo Fransiskus dari Assisi [1181-1226], Pater Antonius juga dianugerahi karunia untuk mampu berkomunikasi dengan hewan-hewan.

Dalam salah satu khotbahnya tentang “kasih sebagai keutamaan pokok”, Pater Antonius mengatakan: “Dengan kasih dalam hati kita, kita akan mendekati Allah dengan kerendahan hati, mendekati orang-orang lain dengan bela rasa, dan diri kita sendiri dengan kemurninan yang penuh respek” 

Sumber: Fr. Livio Poloniaro OFMConv. (editor), “Love: The Principal Virtue”, dalam SEEK FIRST HIS KINGDOM-An anthology of the Sermons of the Saint.

Selamat Pesta Santo Antonius dari Padua kepada Saudari-Saudara sekalian! Pace e Bene!

Salam persaudaraan,

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS