KETAATAN ADALAH BUKTI CINTAKASIH

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan V Paskah – Senin, 4 Mei 2015) 

jesus christ super star“Siapa saja yang memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Siapa saja yang mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.” Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya, “Tuhan, apa sebabnya Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?”Jawab Yesus “Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan tinggal bersama-sama dengan dia. Siapa saja yang tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari Aku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.  (Yoh 14:21-26) 

Bacaan Pertama: Kis 14:5-18; Mazmur Tanggapan: Mzm 115:1-4,15-16 

Pada hari ini kita melanjutkan bacaan Injil dan permenungan tentang pesan-pesan perpisahan Yesus pada Perjamuan Terakhir. Selagi kita membacanya, kita akan merasakan kehadiran-Nya yang penuh kelemah-lembutan. Yesus mengatakan kepada para rasul-Nya bagaimana mereka dapat turut ambil bagian dalam kehidupan dengan-Nya, walaupun Ia telah meninggalkan dunia ini. Yesus juga menjanjikan kepada mereka Roh Kudus-Nya yang akan berdiam dalam diri mereka masing-masing, untuk menghibur dan mengajarkan segala sesuatu kepada mereka dan akan mengingatkan mereka akan semua yang telah dikatakan-Nya kepada mereka (Yoh 14:26).

Di sini Yesus menegaskan syarat-syarat yang diperlukan agar dapat turut ambil bagian dalam kehidupan bersama-Nya, dengan Bapa surgawi. Hanya apabila kita mentaati perintah-perintah yang telah diberikan-Nya kepada kita maka kita sungguh mengasihi-Nya. Namun sekali kita telah membuktikan cintakasih kita lewat ketaatan kita, maka kita pun akan dikasihi oleh Bapa. Maka, Yesus akan mengasihi kita sampai-sampai Dia menyatakan diri-Nya kepada kita (Yoh 14:21).

ROH KUDUS MELAYANG-LAYANG - 2Ketaatan adalah bukti cintakasih. Jika kita mengasihi seseorang, maka kita memiliki hasrat untuk melakukan kehendaknya, menyesuaikan diri kita dengan rencana-rencananya dan keinginan-keinginannya dengan sebaik-baiknya. Demikian pula halnya dengan relasi kita dengan Tuhan. Kita harus menjadi para murid yang setia. Yesus bersabda, “Jika seseorang mengasihi Aku, Ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan tinggal bersama-sama dengan dia” (Yoh 14:23).

Apakah kita mendapat kesulitan waktu berdoa? Apakah Tuhan terasa sangat jauh atau bahkan absen samasekali? Ragu-ragukah kita apakah Dia sungguh berdiam dalam diri kita atau tidak? Memang ada saat-saat di mana Dia seakan tidak berada dekat dengan kita – tidak terasa kehadiran-Nya – namun ini hanyalah untuk membangun iman dan rasa percaya kita. Alasan lain mengapa kita tidak menemukan Tuhan dalam doa kita mungkin disebabkan oleh fakta bahwa kita selama ini tidak setia kepada sabda-Nya, tidak melakukan kehendak-Nya dalam kehidupan kita. Barangkali kita tidak menghayati dan melaksanakan hukum cintakasih yang diberikan-Nya kepada kita. Kalau begitu halnya, maka kita tahu apa yang harus kita lakukan agar Tuhan mau mendirikan kembali kediaman-Nya dalam diri kita dan sekali lagi menyatakan diri-Nya kepada kita.

DOA: Tuhan Yesus, dengan rahmat-Mu tolonglah kami agar senantiasa taat kepada-Mu sebagaimana Engkau taat kepada Bapa di surga. Semoga Roh Kudus-Mu selalu memenuhi diri kami masing-masing dengan hidup-Nya. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 14:21-26), bacalah tulisan yang berjudul “TUGAS SANG PENOLONG: MENGAJARKAN DAN MENGINGATKAN” (bacaan tanggal 4-5-15) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 15-05 BACAAN HARIAN MEI 2015. 

Untuk mendalami Bacaan Pertama hari ini (Kis 14:5-18), bacalah tulisan yang berjudul “TETAP MAU DAN MAMPU UNTUK DIAJAR OLEH ALLAH” (bacaan tanggal 19-5-14) dalam situs/blog PAX ET BONUM.

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 19-5-14 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 30 April 2015 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS