KUAT KUASA ROH KUDUS

(Bacaan Pertama Misa Kudus, HARI SENIN DALAM OKTAF PASKAH – 6 April 2015)

stdas0270Lalu Petrus bangkit berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka, “Hai orang-orang Yahudi dan semua orang yang tinggal di Yerusalem, perhatikanlah perkataanku ini dan ketahuilah. ….. 

Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yesus dari Nazaret adalah orang yang telah ditentukan Allah dan dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda ajaib yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu ketahui. Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh melalui tangan bangsa-bangsa durhaka. Tetapi Allah membangkitkan Dia setelah melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu. Sebab Daud berkata tentang Dia:

Aku memandang Tuhan senantiasa di hadapan-Ku karena Ia berada di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu hatiku bersukacita dan lidahku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dalam pengharapan, sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu. [Mzm 16:8-11]

Saudara-saudara, aku dapat berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapak leluhur kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan bersumpah bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri diatas takhtanya. Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan. Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. (Kis 2:14,22-32) 

Mazmur Tanggapan: Mzm 16:1-2,5-7,8-11; Bacaan Injil:  Mat 28:8-15

Kitab “Kisah Para Rasul” – yang akan menjadi bacaan dalam masa Paskah ini – bukanlah sekadar suatu catatan sejarah Gereja awal. “Kisah Para Rasul” adalah mengenai kuat-kuasa Roh Kudus, …… “Kisah Roh Kudus”! Halaman lepas halaman, kita membaca bagaimana Roh Kudus bekerja melalui orang-orang biasa dan membuat mereka rasul-rasul dan saksi-saksi Kristus yang berani dan tangguh. Karena “Kisah Para Rasul” berbicara mengenai begitu banyak hidup pribadi yang ditransformasikan dengan penuh kuasa, kitab ini pun memberikan kepada kita pengharapan dan dorongan untuk kehidupan kita. Apa yang terjadi pada para rasul dapat terjadi juga pada diri kita.

ROHHULKUDUSBacaan hari ini menggambarkan salah satu peristiwa dari sekian banyak peristiwa dalam “Kisah Para Rasul” di mana Roh Kudus memberdayakan para rasul untuk membangun Gereja di atas bumi. Bacaan hari ini juga menggambarkan pemenuhan pertama nubuatan Yesus sebelum Ia diangkat ke surga: “… kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kis 1:8). Di sini, di Yerusalem, Petrus berkhotbah, dan ribuan orang datang …… dan percaya.

Dengan bergerak majunya “Kisah Para Rasul”, kita akan membaca bagaimana Petrus dan para murid lainnya, seperti Stefanus, mewartakan Injil di Yerusalem dan daerah-daerah lainnya di Yudea. Lalu fokusnya akan bergeser kepada Filipus, yang menyebarkan Kabar Baik Yesus Kristus lebih jauh lagi, yaitu sampai di Samaria. Akhirnya kita akan menyaksikan Paulus yang membawa pesan dan kuasa penyelamatan di seluruh Asia Kecil, kemudian ke Yunani, dan akhirnya Roma “dan sampai ke ujung dunia” (Kis 1:8). Dalam setiap peristiwa yang diceritakan dalam “Kisah Para Rasul”, Roh Kudus bekerja dengan penuh kuat-kuasa melalui pribadi-pribadi yang telah diurapi ini.

Cerita-cerita seperti yang dicatat dalam”Kisah Para Rasul” terus saja terjadi bahkan sampai hari ini melalui khotbah-khotbah dan kesaksian-kesaksian tentang Yesus Kristus oleh para pelayan sabda-Nya yang telah diurapi Roh Kudus. Kita masing-masing telah menerima Roh Kudus guna menjadi saksi Kristus dan turut serta menyebarkan Kabar Baik-Nya. Dengan demikian, pada masa Paskah ini baiklah kita (anda dan saya) memohon kepada Yesus untuk memenuhi diri kita dengan Roh-Nya dan membuat diri kita menjadi saksi-saksi-Nya yang tangguh. Yesus sungguh menghasrati permohonan kita dan tentu Dia akan menolong kita untuk memenuhi panggilan kita.

DOA: Bapa surgawi, Engkau senantiasa mencari orang-orang yang dapat Kauutus sebagai saksi-saksi Putera-Mu, Yesus Kristus. Buatlah diriku agar dapat menjadi saksi-Nya yang tangguh. Inilah aku, ya Allahku. Utuslah aku. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Mat 28:8-15), bacalah tulisan yang berjudul “MENYAMPAIKAN PENGALAMAN IMAN KITA KEPADA ORANG-ORANG LAIN” (bacaan tanggal 6-4-15) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 15-04  BACAAN HARIAN APRIL 2015. 

Bacalah juga tulisan-tulisan yang berjudul “ALLAH SENANTIASA MEMENUHI JANJI-JANJI-NYA” (bacaan tanggal 1-4-13) dan YESUS TELAH MENGALAHKAN MAUT” (bacaan tanggal 21-4-14), keduanya dalam situs/blog PAX ET BONUM. 

Untuk mendalami Bacaan Pertama hari ini (Kis 2:14,22-32), bacalah tulisan yang berjudul “PETRUS YANG SUDAH DIUBAH” (bacaan tanggal 9-4-12) dalam situs/blog PAX ET BONUM. 

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 21-4-14 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 2 April 2014 [HARI KAMIS PUTIH] 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS