KOMUNIKASI DENGAN SANG KHALIK DI PENGHUJUNG TAHUN

(Bacaan Kitab Suci dalam Misa, Hari ketujuh dalam Oktaf Natal – Rabu, 31 Desember 2014) 

TRITUNGGAL MAHAKUDUS - 1Pada mulanya ada Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; ia datang sebagai saksi untuk bersaksi tentang terang itu, supaya melalui dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus bersaksi tentang terang itu. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan melalui Dia, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik-Nya, tetapi orang-orang milik-Nya itu tidak menerima-Nya. Namun semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang dilahirkan bukan dari darah atau dari keinginan jasmani, bukan pula oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Firman itu telah menjadi manusia, dan tinggal di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh anugerah dan kebenaran. Yohanes bersaksi tentang Dia dan berseru, “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian daripada aku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.”  Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima anugerah demi anugerah; sebab hukum Taurat diberikan melalui Musa, tetapi anugerah dan kebenaran datang melalui Yesus Kristus.

Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. (Yoh 1:1-18)  

Bacaan Pertama: 1Yoh 2:18-21; Mazmur Tanggapan: 96:1-2,11-13

Allah Yang Mahakuasa, Mahakudus, Mahatinggi dan Mahaluhur, Bapa yang kudus dan adil, Tuhan raja langit dan bumi, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau sendiri, sebab dengan kehendak-Mu yang kudus, dan oleh Putera-Mu yang tunggal bersama Roh Kudus, Engkau telah menciptakan segala sesuatu. Kami telah Kauciptakan menurut gambar dan rupa-Mu sendiri (Kej 1:26,27).

Bapa, Allah yang berbelas kasih, hari ini adalah hari terakhir tahun 2014. Hanya tinggal beberapa jam saja bagi kami semua untuk melangkah ke dalam tahun yang baru, tahun 2014. Kami memandang kembali tahun 2014 dengan segala pengharapan kami yang tulus kepada Engkau saja, baik pengharapan yang telah Kaupenuhi maupun yang tidak/belum Kauprnuhi. Kami berterima kasih penuh syukur untuk pemeliharaan dan perlindungan-Mu yang penuh cintakasih kepada kami semua selama tahun 2013.

A WOMAN PRAYINGBapa, kami berani berdoa kepada-Mu seraya memohon agar Engkau sudi memberikan damai-sejahtera yang Engkau janjikan kepada siapa saja yang mengasihi-Mu – kedamaian yang tidak hanya terbatas pada tingkat pribadi, melainkan juga di dalam dunia. Kemarin perang saudara di Siria, Lebanon dan Sudan Selatan, hari ini pergolakan penuh kekerasan di Ukraina dan Turki. Aksi kekerasan juga masih saja terjadi di negeri kami setiap hari: di lapangan sepak bola, antar-kampung/desa, antar-universitas, antar-fakultas dalam perguruan tinggi yang sama dlsb. Kemiskinan yang semakin mewabah di tengah “wong cilik” di tengah kekayaan alam yang melimpah-ruah; korupsi di segala tingkat pemerintahan (dari atas ke-bawah) dan ketiga cabangnya: eksekutif, legislatif maupun yudikatif; pembohongan publik; ketidakadilan sosial; hukum yang hanya tajam ke bawah namun tumpul ke atas dan bersifat tebang-pilih. dan banyak lagi keluhan kami. Semua itu tentu tidak pernah terjadi di luar pengamatan-Mu, ya Allah yang Mahakuasa, Mahatahu dan Mahamendengar.

Dilahirkan baru sebagai anak-anak-Mu dan diurapi dengan Roh Kebenaran-Mu, kami sungguh rindu untuk melihat melampaui peristiwa-peristiwa; yang bersifat eksternal dan melihat tangan-Mu mengerjakan tujuan eksternal berkaitan dengan restorasi segalanya kepada diri-Mu sendiri. Hanya dalam iman kami dapat diyakinkan bahwa terang-Mu tetap bercahaya dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya” (Yoh 1:5).

O Khalik langit dan bumi yang Mahaperkasa. Dengan penuh rasa takjub, kami memuji-muji-Mu karena Engkau tidak mentolerir adanya jarak antara diri-Mu dan anak-anak-Mu. Sebaliknya, Putera-Mu sendiri – sang Sabda – menjadi manusia (Yoh 1:14) dan tinggal di antara kami, untuk ikut ambil bagian dalam penderitaan kami, kebingungan serta kegamangan kami, kekhawatiran kami dan kesalahpahaman kami.

Yesus, Engkau masuk ke tengah dunia kami dengan kuat-kuasa untuk mengubah segala  sesuatu, namun Engkau memilih untuk bekerja agar transformasi terwujud melalui kemanusiaan kami yang diperbaharui. Dengan rasa takut dan gemetar, kami menerima tantangan untuk ditransformasikan menjadi gambar dan rupa-Mu sendiri, agar dengan demikian kami dapat menjadi agen-agen-Mu di dalam dunia ini, untuk membawa damai-sejahtera-Mu. Karena kami telah mengalami pencurahan rahmat demi rahmat dari-Mu, maka kami pun dapat meneruskan penyampaian kasih-Mu yang sangat dibutuhkan oleh dunia.

MEMBACA ALKITAB 101Dengan datangnya tahun yang baru ini, perkenankalah kami untuk memadahkan kidung pujian baru yang memproklamasikan apa yang telah kami alami berkenaan dengan penyelamatan-Mu dan dengan berani kami memohon kepada-Mu agar memperluas Kerajaan-Mu  dalam diri kami dan melalui kami. Kami bernyanyi, ya Tuhan, karena Engkau akan datang untuk menghakimi bumi dengan kebenaran-Mu. Kami tidak takui akan penghakiman-Mu; sebaliknya kami menyambut pertobatan dari musuh-musuh kami, baik para musuh di sekeliling kami maupun “musuh-musuh” di dalam hati kami.

DOA: Yesus, Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat kami. Kami ingin senantiasa berada dekat dengan diri-Mu dan mengalami kemuliaan-Mu sebagai Putera terkasih dari Bapa surgawi. Semoga tahun 2015 yang tinggal beberapa jam lagi ini merupakan tahun rahmat bagi kami semua, sebuah tahun di mana kami akan melihat Engkau bergerak dengan penuh kuat-kuasa untuk mencapai tujuan-tujuan-Mu di dalam dunia. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 1:1-18), bacalah tulisan yang berjudul “DIA ADALAH TERANG KEHIDUPAN KITA” (bacaan tanggal 31-12-14) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 14-12 BACAAN HARIAN DESEMBER 2014. 

(Tulisan ini adalah revisi dari tulisan dengan judul sama untuk bacaan tanggal 31-12-13 dalam situs/blog SANG SABDA) 

Cilandak, 28 Desember 2014 [Pesta Keluarga Kudus, Yesus, Maria, Yusuf] 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Advertisements