BERDOA BAGI ORANG-ORANG LAIN

(Bacaan Injil Misa Kudus, HARI MINGGU BIASA XVII [Tahun C] –  28 Juli 2013 

LUKE 11 5-13Pada suatu kali Yesus berdoa di suatu tempat. Ketika Ia selesai berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya, “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya. Jawab Yesus kepada mereka, “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa-dosa kami sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.” Lalu kata-Nya kepada mereka, “Jika seorang di antara kamu mempunyai seorang sahabat dan pada tengah malam pergi kepadanya dan berkata kepadanya: Sahabat, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepadamu. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Karena itu, Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu dibukakan. Bapak manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan, akan memberikan ular kepada anaknya itu sebagai ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya  kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (Luk 11:1-13)

Bacaan Pertama: Kej 18:20-33; Mazmur Tanggapan: Mzm 138:1-3,6-8; Bacaan Kedua: Kol 2:12-14 

Perumpamaan Yesus tentang sahabat yang tekun ini menunjukkan kepada kita betapa Dia berkeinginan untuk menjawab doa-doa kita. Kita adalah anak-anak Allah, dan seperti orangtua mana saja yang baik, Bapa surgawi mau memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan. Apabila kita dengan rendah hati mengikuti Tuhan Yesus, Dia akan memberikan kepada kita segalanya yang kita minta dalam nama-Nya. Hati yang rendah dan penuh ketekunanlah yang mengenal hiburan Tuhan.

Ketika Abraham berdoa syafaat untuk Sodom (lihat Kej 18:20-32), dia cukup rendah hati untuk mengetahui bahwa hanya Allah sajalah yang dapat menyelamatkan orang-orang di Sodom itu. Dia tahu bahwa situasi mereka sudah sangat susah. Dia tidak tahan lagi melihat mereka dihukum, maka dia pun memanjatkan doa permohonan kepada Allah bagi orang-orang itu. Hati yang rendah dan penuh semangat seperti hati Abraham menyenangkan Allah.  Karena doa syafaat Abraham yang tekun itu, maka sepupunya – Lot – dan dua orang anak perempuannya dibebaskan dari penghakiman yang ditimpakan atas penduduk Sodom. Bayangkan sekarang, apa yang akan terjadi apabila kita berdoa kepada Bapa surgawi dalam nama Yesus!

jesus christ super starYesus berkata kepada para murid-Nya, “… jika kamu … tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya”  (Luk 11:13). Selagi kita memasuki hadirat Tuhan dalam doa, kita mendapat kesempatan untuk mengatakan: “Tuhan, aku tahu bahwa aku tidak mempunyai semuanya yang kubutuhkan untuk menyenangkan-Mu hari ini. Aku membutuhkan rahmat-Mu. Aku perlu menerima hidup dari-Mu. Penuhilah diriku dengan Roh-Mu.” Kemudian, dipenuhi dengan rahmat, kita pun dapat bergerak terus dengan berdoa bagi orang-orang lain – sesempurna seperti yang telah dilakukan oleh Abraham.

Marilah kita sekarang berseru kepada Allah agar dia memberkati setiap orang di muka bumi ini. Marilah kita berdoa agar semua orang dapat mengenal Tuhan Yesus. Selagi kita membuka diri kita bagi Roh Kudus, Ia akan mengajar kita bagaimana berdoa. Dia akan mengajar kita untuk menjadi seperti sang sahabat yang penuh ketekunan itu, yang tak pernah malu dan kendur-semangat mengajukan permintaan-permintaannya di hadapan Dia yang dapat memenuhi segala kebutuhan kita.

DOA: Bapa surgawi, berikanlah kepada kami hati yang merindukan berkat-berkat-Mu atas segala sesuatu. Curahkanlah Roh-Mu ke atas bangsa-bangsa, ya Tuhan, sehingga semua orang dapat mengenal Engkau dan hidup untuk-Mu. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Luk 11:1-13), bacalah tulisan yang berjudul “DAPATKAH DAN MAUKAH KITA BERDOA SEPERTI YESUS?” (bacaan tanggal 28-7-13) dalam situs/blog SANG SABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 13-07 BACAAN HARIAN JULI 2013. 

Cilandak, 24 Juli 2013 

 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Advertisements