PENTAKOSTA BAGI ORANG-ORANG SAMARIA

(Bacaan Pertama Misa Kudus, HARI MINGGU PASKAH VI [Tahun A], 29-5-11) 

Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua memperhatikan dengan sepenuh hati apa yang diberitakannya itu. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang liumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. Karena itu sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. Setibanya di situ kedua rasul berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (Kis 8:5-8,14-17)

Mazmur Tanggapan: Mzm 66:1-7,16-20; Bacaan Kedua: 1Ptr 3:15-18; Bacaan Injil: Yoh 14:15-21 

Yesus membatasi kegiatan pelayanan-Nya hanya kepada anak-anak Israel (Mat 15:24; bdk. Mrk 7:27), dan semasa hidup-Nya di dunia Ia melarang para murid-Nya untuk mewartakan Kabar Baik kepada orang-orang non-Yahudi (Mat 10:5 dsj.). Dengan demikian, setelah kebangkitan Kristus para murid membatasi kegiatan evangelisasi mereka pada orang-orang Yahudi saja. 

Pewartaan kepada orang-orang non-Yahudi membutuhkan dorongan dari atas. Hal ini menjadi terwujud melalui kemartiran Santo Stefanus dan pengejaran serta penganiayaan yang menyusul atas Gereja di Yerusalem. Umat Kristiani di Yerusalem terpaksa untuk melarikan diri ke kota-kota lain di Yudea dan Samaria. Teristimewa di sana umat Kristiani yang berkebudayaan hellenistis dengan sukses besar berhasil melanjutkan terus pewartaan Injil. 

Salah satu dari mereka adalah diakon Filipus (lihat Kis 6:5). Filipus sukses besar, teristimewa karena dia dianugerahi karunia untuk membuat mukjizat, mengusir roh-roh jahat dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit-penyakit (Kis 8:6-7). Orang-orang Samaria dibaptis, namun tidak jelas dibaptis oleh Filipus atau bukan (lihat Kis 8:16).  

Apakah mereka tidak menerima Roh Kudus pada waktu dibaptis? Tentu saja mereka menerima Roh Kudus. Oleh karena itu ada orang yang menggunakan ayat Kis 8:17 sebagai teks klasik berkenan dengan kedatangan Roh Kudus dalam Sakramen Krisma/Penguatan. Akan tetapi, kelihatannya, di sini penulis Injil Lukas dan “Kisah Para rasul” (Lukas) tidak mengetahui tentang “penguatan” sebagai suatu ritus terpisah dan dibedakan dari pembaptisan. Sebaliknya, kelihatannya di sini Lukas berbicara mengenai suatu anugerah Roh Kudus yang terpisah dari pembaptisan, seringkali diwujudkan dengan penumpangan tangan dan berakibat pada manifestasi luarbiasa dari karunia-karunia lidah (glossalalia) atau nubuat (lihat Kis 10:44 dan 19:5-6). 

Ada yang mengatakan, bahwa dalam bacaan ini Lukas ingin menekankan bahwa karunia Roh Kudus datang melalui Gereja, yang diwakili oleh kolese yang terdiri dari 12 rasul di Yerusalem. Itulah sebabnya mengapa Petrus dan Yohanes diutus ke Samaria oleh Gereja induk di Yerusalem. Dikatakan bahwa orang-orang Yerusalem menerima Roh Kudus, hanya setelah ditumpangi tangan oleh Petrus dan Yohanes. 

Dengan demikian kiranya kita dapat saja mengatakan bahwa dalam Kis 2:1-4 kita mempunyai Pentakosta Kristiani bagi orang-orang Yahudi, dalam Kis 8:17 Pentakosta bagi orang-orang Samaria dan dalam Kis 10:44 Pentakosta bagi orang-orang non-Yahudi (kafir).  

DOA: Tuhan Yesus, bukalah pikiran dan hatiku bagi kasih-Mu untukku dan kasih-Mu bagi sesamaku. Buatlah agar supaya diriku menuruti segala rencana-Mu. Amin. 

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 14:15-21), bacalah tulisan yang berjudul “SEORANG PENOLONG YANG LAIN”, tanggal yang sama dalam blog SANGSABDA http://sangsabda.wordpress.com; kategori: 11-05 BACAAN HARIAN MEI 2011. 

Cilandak, 24 Mei 2011  

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

About these ads